Content on this page requires a newer version of Adobe Flash Player.

Get Adobe Flash player

Bahasa

Indonesian English

Forum Komunikasi BPPLAMPUNG

Versi Mobile BPP LAMPUNG

RSS Syndicator

BPP Lampung RSS

Kalender

<<  Juli 2014  >>
 Se  Se  Ra  Ka  Ju  Sa  Mi 
   1  2  3  4  5  6
  7  8  910111213
14151617181920
21222324252627
28293031   
ANALISIS JIWA KEWIRAUSAHAAN PENGURUS GAPOKTAN PENGELOLA DANA PENGEMBANGAN USAHA AGRIBISNIS PERDESAAN (PUAP) PDF Cetak Surel
Ditulis oleh Administrator   
Selasa, 09 Oktober 2012 08:12

ANALISIS JIWA KEWIRAUSAHAAN PENGURUS GAPOKTAN

PENGELOLA DANA PENGEMBANGAN USAHA AGRIBISNIS PERDESAAN (PUAP)

oleh  : Aang Junaidi, S.Kom

Pengembangan  Usaha  Agribisnis  Perdesaaan  (PUAP)  adalah  salah  satu program yang  dilaksanakan secara terintegrasi dengan Program PNPM-M. PUAP merupakan bentuk fasilitas modal usaha untuk petani pemilik, dan petani penggarap, buruh tani, maupun rumah tangga miskin  di  perdesaan yang terkoordinasikan oleh Gapoktan. Berbagai faktor yang mempengaruhi keberhasilan program ini antara lain adalah  terletak  pada  kemampuan  kewirausahaan dan  penerapan  manajemen  para pengurusnya.  Kewirausahaan   agribisnis  merupakan  penerapan  sifat   atau  jiwa kewirausahaan dibidang usaha agribisnis yang akan sangat menentukan keberhasilan dalam  kegiatan usaha baik dari sejak perencanaan, pelaksanaan, maupun evaluasi terhadap usaha yang dilakukannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kadar jiwa kewirausahaan, penerapan  menejemen agribisnis oleh pengurus Gapoktan dan tingkat keberhasilan PUAP, serta hubungan antara jiwa kewirausahaan dan penerapan  manajemen agribisnis dengan keberhasilan PUAP.

Hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  :  (1)  Jiwa  kewirausahaan  pengurus Gapoktan  termasuk dalam katagori baik, (2) Penerapan manajemen agribisnis oleh pengurus Gapoktan termasuk dalam katagori baik, (3) Keberhasilan program PUAP,  termasuk dalam katagori cukup berhasil, (4) Terdapat hubungan nyata antara jiwa kewirausahaan pengurus Gapoktan dengan  kinerja  keberhasilan  PUAP,  (5)  Terdapat  hubungan  sangat  nyata  antara penerapan manajemen agribisnis dengan kinerja keberhasilan PUAP.

Untuk penumbuhan dan penguatan jiwa kewirausahaan pengurus Gapoktan di dapat dilakukan melalui program penyuluhan atau  pendampingan serta pemerintah dalam hal ini pemetintah daerah agar  lebih  banyak  lagi  memberikan  pelatihan  di  bidang manajemen          agribisnis         bagi     para     pengurus          Gapoktan.            hendaknya       senantiasa meningkatkan  kemampuannya untuk mengembangkan usaha kelompoknya terutama dalam hal teknis dan manajemen usaha yang baik.

Komentar (0)add
Tulis Komentar
perkecil | perbesar

busy
Terakhir Diperbaharui pada Sabtu, 19 Oktober 2013 14:36